bacalah dengan kesungguhan hati

ini duniaku, ini mimpiku dan ini anganku

Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi


Pengaruh akibat Rotasi Bumi
1. Pergantian Siang dan malam
2. Perbedaan waktu
3. Perbedaan percepatan gravitasi bumi
4. pembelokan arah angin
5. pembelokan arus laut
6. peredaran semu harian benda-benda langit

Pengaruh akibat Revolusi Bumi
1. Pergantian musim
2. perbedaan lamanya siang dan malam
3. Gerak semu matahari
4. Terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan

About these ads

15/05/2008 - Posted by | ilmu pengetahuan

89 Komentar »

  1. terima kasih atas informasinya

    Komentar oleh faqih | 03/09/2008 | Balas

  2. Makasih atas informasinya. Klu ada informasi tentang astronomy ,tlg krimin ke e-mail Q .ok

    Komentar oleh Alfan | 14/12/2008 | Balas

  3. gak ada penjelasan detailnya nie??

    Komentar oleh theladyrain | 02/01/2009 | Balas

  4. makasih informasinya :) kalo bisa kibat2 nya di tambah lagi ya! :D

    Komentar oleh yudo | 13/01/2009 | Balas

  5. boleh copi gak?

    Komentar oleh momo chan | 27/01/2009 | Balas

  6. emang pengaruh rotasi & revolusi bumi ini saja ya

    Komentar oleh lina lathifatul U | 08/02/2009 | Balas

  7. APAAN NIH????

    Komentar oleh ASDA | 20/02/2009 | Balas

  8. BAGUS BGT……

    Komentar oleh ASDA | 20/02/2009 | Balas

    • ok

      Komentar oleh asaw | 10/02/2012 | Balas

  9. apa akibat jika bumi hanya berrotasi saja dan juga hanya ber revolusi saja ?

    Komentar oleh asep | 23/02/2009 | Balas

    • kalau ber revolusi saja di suatu tempat akan selalu siang atau malam

      Komentar oleh aray | 17/05/2011 | Balas

  10. terima kasih atas impormasinya. nanti kalau sudah ada informasi yang baru kasih tahu yaa!

    Komentar oleh jani | 12/03/2009 | Balas

  11. Kalo bisa lebih lengkap lagi,tapi makasih atas informasinya!!!

    Komentar oleh Aisyah | 09/05/2009 | Balas

  12. tankss ………

    Komentar oleh arief | 26/05/2009 | Balas

    • Untuk semuanya, maaf saya belum menjelaskan dikarenakan saya lagi sibuk skripsi. Tapi nanti saya akan coba unutk membuat yang lebih detai

      Komentar oleh rahasiamawar | 27/07/2009 | Balas

  13. dikit Banget sih yg ada ndak Lucu kali

    Komentar oleh bambang | 28/10/2009 | Balas

  14. bagus cHih. . .pY ko’ gAg dA ktRangAn.Na yAwh. . .???

    Komentar oleh linda | 29/10/2009 | Balas

  15. makasih mas buat infonya…ini cocok banget ma kuliah saya Geodesi Satelit…

    Komentar oleh frezyprimaardi | 30/10/2009 | Balas

  16. iiih ,,, keren !!

    Komentar oleh ulaii_imuud | 01/11/2009 | Balas

    • sebenarnya masih banyak, tapi intinya adalah seperti itu

      Komentar oleh rahasiamawar | 03/11/2009 | Balas

    • apanya yg lucu ? gak ada tuh

      Komentar oleh indah | 22/02/2012 | Balas

  17. thanks atas pengertiannya…

    Komentar oleh fajar | 04/11/2009 | Balas

  18. Thnks y…
    Ne b’guna bngett bwat aq,t0ex nylse’in tUgas,

    tp ne bner smUa kan??
    Kalo adA inf0 ttg astr0nOmi,krm k email aq ya.:)
    thankq..

    By.indah

    Komentar oleh IndaH | 08/11/2009 | Balas

  19. mohon untuk dijawab.. “apakah lintasan ekliptika bulan dalam bervolusi mengelilingi bumi mengalami perubahan? kalo tidak, kenapa tidak terjadi bulan purnama setiap bulan? balas di e-mail

    Komentar oleh illang | 15/11/2009 | Balas

  20. thank”s oy klo bs ma soal2 untuk SD kls ^ dunk ma pembahasannya

    Komentar oleh ece | 16/12/2009 | Balas

  21. thank”s oy klo bs ma soal2 untuk SD kls 6 dunk ma pembahasannya

    Komentar oleh ece | 16/12/2009 | Balas

  22. mksih atas informasinya

    Komentar oleh illumi | 19/12/2009 | Balas

  23. iya nih mana yang laennya. misalnya penjelasannya,,,gitu lhoooooo……….lok intinya sih insyaAllah dah tau tapi penjelasannya. duh pucing aku tapi ga papa deh dari pada ga da apapanya!

    Komentar oleh Vrizha | 05/01/2010 | Balas

  24. kurang banyak n kurang lengkap tapi lumayan bagus ocey deh trus berkarya ea…………???!!!!

    Komentar oleh finkayana | 08/01/2010 | Balas

  25. KOQ GAK DA GAMBARNYA SICH?????????PADAHAL Q LAGI BUTUH BANGET!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh DIAN FATMA | 09/01/2010 | Balas

  26. baek

    Komentar oleh viannnn | 12/01/2010 | Balas

  27. tolong penjelasannya juga y…. biar kalo cari bahan gampang trus kitannya juga ngerti…..

    Komentar oleh fira | 17/01/2010 | Balas

    • iya harap bersabar

      Komentar oleh rahasiamawar | 19/01/2010 | Balas

  28. mkasih ya :-)

    Komentar oleh budi Habi | 17/02/2010 | Balas

  29. thx,bgd dah diksih tw,,,
    jd nambah nue ilmu 9w,,,,

    Komentar oleh aidha | 18/02/2010 | Balas

  30. sumphaaah jlek bgt dech!!!!!!!!

    Komentar oleh rasyidah | 21/02/2010 | Balas

  31. makasaih atas informasi nya

    Komentar oleh rizki nurdiana | 27/02/2010 | Balas

  32. maaci ia atas informasina,,,

    Komentar oleh LovelyDsky | 28/02/2010 | Balas

  33. maaci juga atas informasina,,,

    Komentar oleh LovelyDskyMille | 28/02/2010 | Balas

  34. kok ga ada penjelasan detailnya sih????????
    klow cuma gitu doang mah udhah ngerty,,,

    Komentar oleh amel | 04/03/2010 | Balas

  35. Makasih infonya…

    Komentar oleh Subki | 20/03/2010 | Balas

  36. Illang, saya jawab pertanyaanmu. Lintasan ekliptika bulan dalam berevolusi tidak mengalami perubahan, akan tetapi mengapa tidak terjadi bulan purnama setiap bulan? Karena posisi bulan yang menghadap ke bumi tidak selalu sama, cahaya matahari yang diterima oleh bulan pun tidak selamanya sama. Ada kalanya sinar/cahaya matahari terhalang oleh bumi, meteoroit, ataupun asteroid sesat. Jadi, bidang edar ekliptika tidak mempengaruhi revolusi bulan terhadap bumi. Apakah itu sudah terjawab?

    Komentar oleh rahasiamawar | 08/04/2010 | Balas

  37. good…
    kira2 ada pengaruh yang l4en kgak?

    Komentar oleh retasu chan | 07/06/2010 | Balas

  38. lumayan…

    Komentar oleh retasu chan | 07/06/2010 | Balas

  39. ga tau apa yg mau di konentarin :) :p :o

    Komentar oleh idah nuraeni | 12/10/2010 | Balas

  40. aku mau tanya,,,ner ta kalo bumi ini berputar dengan cepat

    Komentar oleh miftakul | 27/10/2010 | Balas

    • pada tidak terkendali nantinya, saya juga ga tau bagaimana jadinya

      Komentar oleh rahasiamawar | 29/10/2010 | Balas

  41. Aku kagum

    Komentar oleh Amalia | 26/11/2010 | Balas

  42. makasih ya buat infonya tapi lebih bagus n lengkap lg kalo di beri penjelasan.

    Komentar oleh sila | 25/01/2011 | Balas

  43. Thans ya! Infonya :D

    Komentar oleh mentari | 03/02/2011 | Balas

  44. cuma ini ?
    payahh

    Komentar oleh putri rahayu | 03/02/2011 | Balas

    • :-( SABARRRRR

      Komentar oleh wira truzia jhee | 06/05/2011 | Balas

  45. lau bsa ngsih berita nya lbih details donk

    Komentar oleh thesa | 15/02/2011 | Balas

  46. thank y untuk infonya ! :D

    Komentar oleh ratna salsa nugraha | 27/02/2011 | Balas

  47. terimakasih yea atass informasi nya
    informasi ini sangat lah simpel tapi padat
    dan sya suka
    TQ yea…!!!

    Komentar oleh Rinaldi | 06/03/2011 | Balas

  48. gag ada ya penjelasannya ?
    butuh banget ne… tugas skolah..

    Komentar oleh rosi gustiani | 18/03/2011 | Balas

  49. makasih…artikelnya sangat bermanfaat tuk materi ajarku hari ni…

    Komentar oleh vera allRifay | 31/03/2011 | Balas

  50. tq ya,bisa buat bantu bikinin pr ankq

    Komentar oleh esther | 05/04/2011 | Balas

  51. thanks atas informasinya berguna banget bagi gueee and bagi semuanyaaaa!!!!! semoga jwdnnyaaa benarrr

    Komentar oleh yanthe | 06/05/2011 | Balas

  52. THAANKSSS ATAS INFORMASINYA SEMOGA JAWABAN GUE BENAR DAN DAPAT NILAI 100%

    Komentar oleh wira truzia jhee | 06/05/2011 | Balas

    • AMINNN!!!!!

      Komentar oleh wira truzia jhee | 06/05/2011 | Balas

      • S’MOGA KAMU DAPAT NILAI 100% KW….KW..KW :P

        Komentar oleh yanthe | 06/05/2011

      • AMINNN :-)

        Komentar oleh wira truzia jhee | 06/05/2011

  53. makazeeh beudh… aq jdi bza ngerjain tuGassss! ;3

    Komentar oleh kartiQa | 31/10/2011 | Balas

  54. Terima kasih atas pemberitahuan nya !!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh Nabila | 07/11/2011 | Balas

  55. Jelek nih!!!Gak ada angin laut sama angin darat.

    Komentar oleh Denok Permatasari | 19/11/2011 | Balas

  56. makasiih yyeah ,,,!!! :)
    inii bergunaa bangett ,,

    Komentar oleh syarifatun nissa | 28/11/2011 | Balas

  57. sopo ccd??

    Komentar oleh nofsl | 01/12/2011 | Balas

  58. makasih banget infonya! :D terselamatkan deh~

    Komentar oleh lintang | 11/01/2012 | Balas

  59. makasih bgt info nya ^^ :D maklum dah SMP lupa” inget XD

    Komentar oleh lintang | 11/01/2012 | Balas

  60. mksh bnyk ya infonya,,,,

    Komentar oleh piiendha | 15/01/2012 | Balas

  61. mksih ea,!!

    Komentar oleh ophii | 22/01/2012 | Balas

  62. makasih yah???/ jadi wh kepengen jadi astronot klo liat info astronomi teh??? hahahaha makasih yah semoga bermanfaat blognya?
    wasalam.

    Komentar oleh indra cahyana | 29/01/2012 | Balas

  63. Mkasih ya? ada ini sy jd bs Mengerjakan Pr Ips

    Komentar oleh Bestari Dinda Syafitri | 02/02/2012 | Balas

  64. Haturrrrrr thank you ti informationna, oke!

    Komentar oleh Avenged seven fold dism | 05/02/2012 | Balas

  65. trimaksh atas informasinya

    Komentar oleh hamida | 06/02/2012 | Balas

  66. just this?

    Komentar oleh Cahya | 09/02/2012 | Balas

  67. memang kalau tidak ada siang dan malam, apa yang terjadi di bumi ini?

    Komentar oleh Cahya | 09/02/2012 | Balas

    • coba bayangkan saja sendiri.. heheee

      Komentar oleh rahasiamawar | 05/04/2012 | Balas

  68. singkat tp bermakna

    Komentar oleh sigit | 11/02/2012 | Balas

  69. Hmm,, cocok u/ ngisi PR nich..

    Komentar oleh Puji | 16/02/2012 | Balas

  70. makasih,, tugas nyah beres deh :)

    Komentar oleh denda agus subagja | 21/02/2012 | Balas

  71. gue copas neh,buat ngajar anak-anak kelas 4

    Komentar oleh ahmadtobronibutar | 24/02/2012 | Balas

  72. thanks :D buat pr..

    Komentar oleh Nuruul | 02/03/2012 | Balas

  73. thanks atas infonya,,, :)

    Komentar oleh nopphie | 07/03/2012 | Balas

  74. thanks bwat infoRmasiNya….

    Komentar oleh hakim | 07/03/2012 | Balas

  75. mksh infonya saya kebantu bgt
    sekali lagi terimakasih

    Komentar oleh rizky | 29/03/2012 | Balas

  76. sedikit menghilangkan kegalauan adik q.. thx yah..

    Komentar oleh Dwi Purbo Wati | 29/03/2012 | Balas

  77. thx buat infony…

    Komentar oleh diva | 06/08/2012 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: