bacalah dengan kesungguhan hati

ini duniaku, ini mimpiku dan ini anganku

Saya, Tulisan, dan Adinda

Duhai adinda,

Sudah lama saya tak membuat tulisan tentang dirimu. Dan biarkan saya tetap menjadi pujangga. Selama saya bisa membuat pipimu memerah rona. Biarkan semua tulisan ini mewakili isi hati. Sampai nanti, diwaktu yang dinanti. Kamu tidak lagi memeluk semua tulisan. Tetapi, itu saya, yang akan kamu peluk.

Walau kita berjauhan, tapi saya tidak sendiri karena bayanganmu yang menemani setiap malam sepi ini. Hati ini selalu merindukanmu dan tak akan pernah ada yang lain.

Mungkin perlahan kamu akan mengetahui sifat-sifat dasar saya. Tapi saya yakin itu tak akan membuat kamu menjauh. Karena setiap perjalanan selalu ada lika-liku masalah.

Saya begitu nyaman bila kamu berada disisi. Setiap pertemuan dengan kamu dapat membuat saya semangat. Kamu memang bidadari senjaku, kamu memang lotus putih, dan kamu adalah pilihanku.

Saya telah membuat rencana masa depan bersama dirimu dalam benak ini. Semoga apa yang saya rencanakan ini mendapatkan ridho dari Allah swt. Saya tak banyak berharap denganmu, tapi saya yakin komitmen dapat kita pegang.

Ingatkah setiap pertemuan yang kita ciptakan? Semua menjadi kenangan indah untuk hari tua. Meski dalam setiap pertemuan, kita tak dapat mengabadikannya baik itu dalam photo atau apapun itu.

Coba kamu liat dompet saya? tak ada photo tentangmu di dalam dompet ini. Hal-hal inilah yang membuat saya begitu rindu denganmu..

Saya, tulisan, dan adinda.

06/04/2012 Posted by | sebuah cerita harian | Tinggalkan komentar

Penyakit angin duduk

Hari itu, Dina (32) meminta izin pulang lebih cepat dari kantornya. Sejak Pagi, Dina merasa pusing dan mual. “Aku masuk angin nih,”
keluhnya pada Fahmi (35), suaminya melalui telepon.

Setiba di rumah, Dina memesan bubur ayam serta teh panas untuk mengurangi rasa tak enak badan yang dideritanya. Setelah kerokan, ia mengoleskan minyak kayu putih ke seluruh badannya, sebelum beranjak tidur.

Lepas senja, Dina belum bangun juga, Fahmi yang baru saja pulang kantor. Menengok ke kamar, ditempat tidur Dina memang masih tertelungkup, tapi….
sudah tak bernapas lagi!

Wajahnya kebiruan, tampaknya, Dina menahan rasa sakit sesaat sebelum menghembuskan napas terakhirnya. Selain panik, suaminya juga bingung, Sejauh diketahuinya, selama ini kondisi kesehatan Dina baik-baik saja. Bahkan istrinya itu tergolong wanita gesit yang memiliki segudang aktivitas setiap harinya, Lantas, Penyakit “tersembunyi” apakah yang merenggut nyawa Dina?

***
menurut dr. H. Djoko Maryono, DSPD, DSPJ, ahli internis dan kardiologi dari RS Pusat Pertamina, yang dialami Dina adalah Angina Pectoris. Orang-orang kita dulu biasa menyebutnya sebagai penyakit angin duduk.
Gejalanya memang mirip masuk angin biasa, hanya sedikit lebih berat. Tak mengherankan. Penyakit ini cenderung disepelekan.

Masuk angin yang satu ini ternyata bukanlah masuk angin biasa. “Yang biasa disebut angin duduk sesungguhnya adalah salah satu gejala penyakit jantung koroner, yang jika tidak segera ditangani penderitanya bisa langsung meninggal hanya dalam waktu 15-30 menit setelah serangan pertama” dr. Joko mengingatkan.

Karena itu, kematian yang terjadi sama sekali bukan akibat kerokan atau pengolesan minyak angin, seperti yang dilakukan Dina, melainkan karena
tidak terdeteksinya kelainan pada jantung penderita. Padahal, seandainya sepulang kantor Dina langsung pergi ke Rumah Sakit atau ke dokter, dan bukannya malah kerokan dirumah yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan sang penyakit, mungkin nyawanya masih sempat terselamatkan.

Ciri-ciri pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Angina pectorismemang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. Hanya penderita juga merasakan dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluar keringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. Sayangnya, hal ini sering tidak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung yang sifatnya kritis.

Menurut dr, joko, 20% dari keluhan angina pectoris yang diperiksakan ke dokter atau rumah sakit ternyata terdeteksi sebagai penyakit jantung koroner akut. Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung akibat adanya kelainan pada pembuluh koroner, sehingga darah tidak mampu mengantarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh jaringan dinding rongga jantung. Karena itu, jika tidak terdeteksi sejak awal, penderitanya bisa mengalami sudden death.

Penyakit angina pectoris itu sendiri berupa perasaan tidak nyaman berkepanjangan, yang terjadi lebih dari 5 menit, akibat menurunnya tekanan darah yang memompa jantung. Akibatnya, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Karena jantung tidak mampu memompa dengan sempurna, maka pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupa kontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada pompa jantung tadi, kontraksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

PERBAIKI GAYA HIDUP

Sumber masalah sesungguhnya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi) . Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

- Pertama, adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
– Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus);
– Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh.darah akibat kejang yang terus menerus.
– Keempat, infeksi pada pembuluh darah.

“Gaya hidup masa kini yang kurang sehat dan tidak teratur adalah pemicunya” tegas dr. Joko. Menurutnya, zaman sekarang orang cenderung melupakan
pentingnya olahraga hidup dalam kondisi stress, sering tidur larut malam, dan sering mencoba bermacam pola diet yang tidak sehat.

Kurang atau tak pernah olahraga akan menghambat kelancaran metabolisme tubuh. Akibatnya, akan terjadi pengendapan lemak yang perlahan-lahan dapat menyumbat lajunya aliran darah ke jantung.

Sementara itu, orang sekarang banyak yang mengaku tak punya cukup waktu oalahraga, menjaga diri dari kemungkinan obesitas (kelebihan berat badan) juga berperan penting untuk kesehatan jantung, karena kelebihan lemak dapat meminimalkan gerak pompa jantung.

Jadi jaga ukuran pinggang anda, karena perutlah semua jenis lemak menumpuk. Untuk wanita, maksimal 80 cm, dan untuk pria, maksimal 90 Cm, karena jaga pola makan, hindari Junk Food, perbanyak asupan buah dan sayuran serta fiber.

Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakit jantung koroner, Pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selalu dalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang. “Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormone adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampang terjadi”

Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan (selalu marah-marah. .. setiap saat…ada ga ya orang kayak gini..), Pasalnya, dalam marah-marah (otak panas, napas memburu, jantung pun berdebar keras, kadang sampai tubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerak cepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah…wouw. ..bisa dibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dan karena tidak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yang halus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps atau bisa merengang nyawa,

Oh ya..kondisi ini juga berlaku ketika dia berolahraga ekstra keras (seperti main bola, yang dituntut berlari2 bolak-balik terus menerus), itu juga memicu jantung berdebar dan darah bergerak cepat, dan jika dia mempunyai sumbatan2 dalam tubuhnya yang tidak diketahui, maka kejadian pembuluh darah pecahpun akan menimpanya (seperti Almarhum Benyamin S dan Basuki, mereka meninggal selagi bermain bola).

Wuiiih..ngeri ya…ya kalo udah seumur kita sih, harusnya udah ga cocok lagi untuk olahraga2 keras macam gitu, karena kita ga tau didalam tubuh kita (adakah penyumbatan atau tidak?) yang ringan2 aja lah seperti jalan kaki, jogging, senam, bersepeda santai, atau olahraga pernapasan, dll yang terakhir kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol juga berdampak negatif pada jantung, apalagi bila kebiasaan jelek ini dilakukan sejak usia remaja.

***

Ada beribu jalan untuk hidup sehat, Tuhan memberikan kita sesuatu yang luar biasa banyaknya, setiap ada penyakit pasti Tuhan memberikan obatnya, tapi bukan itu masalahnya, pola hidup sehat dan seimbang harus kita jalani, “Mencegah lebih baik daripada mengobati.”

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, mudah-mudahan berguna:
1. Minum Air putih minimal 8 gelas sehari
2. Banyak makan buah-buahan dan sayuran (serat alami)
3. Hindari stress, dan selalu sabar
4. Perbanyak berpuasa
5. Tidur yang cukup dan olahraga ringan diusahakan rutin

Gampang kan. O ya satu lagi, Tuhan menciptakan dunia ini berpasangan, ada surga ada neraka, ada pria ada wanita, ada putih ada hitam, ada baik ada jahat, ada manis ada pahit, kesimpulannya jika kita banyak makan-makanan yang manis seperti coklat, teh manis, kopi susu, mimunam kaleng, dll. Usahakan…sekali lagi..usahakan seminggu sekali atau beberapa hari sekali makan yang pahit2 seperti rebusan air sambiloto (Andrographis paniculata), makan pare (Momordica charantia), minum jahe (Zingiber officinale), atau jus mengkudu (Morinda citrifolia L.), makan bawang putih (Allium sativum), dll.

Dan jika kita merasa sering makan-makanan yang berlemak atau berlebih seperti daging, jeroan, sering ngemil, makan 2 piring atau selalu nambah usahakan…sekali lagi..usahakan berpuasalah sesering mungkin untuk mengimbanginya.

Share This Blog
FacebookTwitterMore...

14/09/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | Komentar Dimatikan

dari sebuah lubuk hati terdalam

Cinta, memang dalam urusan yang satu ini saya tidak bisa untuk berjalan berdampingan. Selalu gagal, entah karena tidak dicintai atau diabaikan begitu saja dengan wanita.. hahaa. Maklum mungkin karena sifat pendiam saya sehingga membuat para wanita merasa jenuh dengan saya.
Sifat pendiam saya tidak bisa dirubah dengan begitu saja. Karena memang sudah dari kecil saya itu pemalu, terlebih kalau berdekatan dengan wanita. Ada rasa grogi dan takut untuk berbicara maupun bertatapan muka.
Sebenarnya saya pernah menyukai beberapa wanita dalam hidup saya sampai saat ini. Tapi tidak lebih dari hitungan jari tangan.. Mungkin tak kurang dari lima jari, hahaa…
Cinta pertama saya ketika saya beranjak dewasa adalah Rachmah. Saya kenal dia di kereta KRL jurusan Tangerang di Ramadhan tahun 2007. Proses kenalnya saja dikenalkan oleh salah seorang teman saya. Durasi untuk sebuah pertemuan tak lebih dari 15 menit dari dua sampai tiga hari seminggu. Itupun bertemunya di kereta.
Dan yang lebih parahnya lagi, saat itu saya tak memiliki alat komunikasi atau HandPhone. Jadi sangat sulit untuk berinteraksi dengan dia.
Di waktu-waktu pertemuan saja, tak banyak kata yang saya keluarkan. Paling hanya berbicara masalah sepak bola. Dia paling suka dengan Kesebelasan Jerman dan Klub Chelsea. Tak banyak yg saya mengerti tentang sifatnya, karena saya sendiri berjumpa dia hanya beberapa bulan saja. Hingga kini saya masih sering komunikasi dengan dia.
Ain, adalah wanita kedua yg saya kagumi.. berjumpa saat ada festival Japan. Waktu itu di tanggal 27 Maret 2007, selepas hari itu saya tak berjumpa lama dengan dia hingga di pertengahan 2008. Dan mulai ketemu lagi karena suatu kisah yaitu novel Twilight. Dia suka akan vampire, tak tau kenapa bisa suka akan mahluk yg menakutkan itu. Sebenarnya saya cuma mengaguminya saja, dan tak lebih. Sekarang keberadaan dia sendiri tak tau ada dimana, hahaa..
Dan ini adalah kisah cinta saya yang terhebat, yaitu saat bersama Nuryani. Bertemu di Ramadhan 2009 atau lebih tepat pada tanggal 13 september 2009. Saat ada suatu acara ulang tahun di sebuah restoran capat saji yang bermottokan “harga kaki lima, rasa bintang lima” di Gajah mada Plaza, Jakbar.
Dia agak tomboy tapi sifat kewanitaannya masih tetap melekat. Banyak yang mengatakan kalau saya dengan dia itu mirip, entah darimana statment kemiripan itu bisa terucap. Tapi saya berharap dia jodoh saya.. amiennn..
Dan di saat tulisan ini saya buat, dia lagi marah besar masalah gosip, saya sendiri tak tau gosip apa yg terjadi. tapi yang bisa saya tangkap adalah karena ibu dari teman saya selalu bertanya terus akan Nuryani, kenapa bertamu ga sama dia. Kenapa saya seorang diri yang bertamu. Kenapa saya yang di persalahkan oleh dia? Toh kenyataannya bukan saya yang mengucapkannya. Saya cuma di tanyai oleh ibu teman saya tersebut.
“Kok kesininya ga sama adenya?”
saya pikir ade kandung saya.. Tapi..
dan lama saya menangkap bahwa di balik makna kata “ade” itu adalah Nuryani.
Dan ibu teman saya itu cuma tersenyum saja ketika saya mengetahui makna tersebut.
Kenapa saya yang salah?
Toh kalau dia mencintai saya dengan tulus maka saya akan lebih mencintainya. Karena selama ini saya benar-benar cinta dan sayang dia. Dan dia adalah pilihan saya di istiqarah cinta.
Ya, semoga saja, kalau kita berjodoh kita akan dipersatukan dalam ikatan pernikahan dan insya Allah dia akan menjadi bidadari surga untuk saya.
Amienn….

Dari sebuah lubuk hati terdalam..

11/08/2011 Posted by | Tak Berkategori | 1 Komentar

Karen Mok – Close To You

Karen Mok
Close To You lyrics

Why do birds suddenly appear
Every time you are near?
Just like me, they long to be
Close to you.

Why do stars fall down from the sky
Every time you walk by?
Just like me, they long to be
Close to you.

On the day that you were born
The angels got together
And decided to create a dream come true
So they sprinkled moon dust in your hair of gold
And starlight in your eyes of blue.

That is why all the girls in town
Follow you all around.
Just like me, they long to be
Close to you.

On the day that you were born
The angels got together
And decided to create a dream come true
So they sprinkled moon dust in your hair of gold
And starlight in your eyes of blue.

That is why all the girls in town
Follow you all around.
Just like me, they long to be
Close to you.
Just like me (Just like me)
They long to be
Close to you.

Wahhhhhhhhhhh, close to you.
Wahhhhhhhhhhh, close to you.
Hahhhhhhhhhhh, close to you.
Lahhhhhhhhhhh, close to you.

31/03/2011 Posted by | lirik lagu | Tinggalkan komentar

Pluto

Pluto adalah planet terkecil dan terjauh dari matahari. Planet ini merupakan urutan ke sembilan jika ditinjau dari matahari. Tapi kini Pluto bukan salah satu anggota planet dalam tata surya kita.
Jarak Pluto dengan matahari adalah 5.900,1 juta kilometer. Pluto memiliki diameter yang mencapai 4.862 km dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan atmosfer mengandung metan. Suhu permukaan planet berkisar -233oCelsius sampai dengan-223o Celsius, sehingga sebagian besar berwujud es.
Setelah 75 tahun semenjak ditemukan, Pluto masih terbalut misteri. Kemungkinan untuk menguak misteri planet terjauh dalam sistem galaksi Bimasakti tersebut hingga kini masih dicoba, mungkin 10 tahun lagi, sedikit dari misteri tersebut akan terlihat, saat misi Pluto Express yang dilakukan NASA mencapai planet tersebut pada 2008 nanti.
Sejak ditemukanoleh Clyde W. Tombaugh pada 18 Pebruari 1930, Pluto kemudian menjadi salah satu anggota dari galaksi Bimasakti yang paling jauh letaknya.
Kalau melihat sejarahnya, Pluto sebenarnya ditemukan lantaran adanya teori mengenai planet kesembilan dalam sistem tata surya Bimasakti. Baru kemudian setelah Clyde mampu menunjukkan bukti-bukti nyata dalam penelitiannya, akhirnya planet ini resmi menjadi salah satu planet yang menentukan rotasi galaksi ini.
Pada saat planet ini belum ditemukan, ia hanya diketahui sebagai sebuah objek angkasa yang berada setelah Neptunus. Bahkan sempat, Charon, satelit yang mengelilingi Pluto dikira sebagai planet yang sebenarnya. Namun kemudian para ahli astronomi juga menemukan sekitar seribu objek angkasa lain yang berasa di belakang Neptunus. Kebanyakan objek tersebut berotasi mengelilingi matahari yang kemudian disebut sebagai Sabuk Kuiper.

Asal-usul Nama
Mengenai masalah ini juga sempat menjadi kontroversi. Karena sempat membuat banyak pihak saling berselisih paham. Banyak yang bilang nama ini berasal dari karakter anjing dalam komik Walt Disney. Kenyataan bahwa komik tersebut memulai debutnya pada tahun yang sama dengan penemuan benda angkasa tersebut oleh manusia dipercaya banyak pihak sebagai salah satu alasannya.
Nama Pluto juga merupakan nama seorang dewa dari kebudayaan Romawi yang menguasai lautan. Meskipun banyak yang mengusulkan nama itu, karena jauhnya letak Pluto yang sekilas sama dengan jauhnya dasar lautan. Namun tetap saja alasan pemilihan nama Pluto karena jauhnya ditolak oleh kebanyakan orang pada masa itu.
Ternyata banyak nama lain yang pernah ditolak untuk menamai planet baru tersebut. Salah satunya adalah Minerva, yang berarti dewi ilmu pengetahuan. Alasannya jelas, karena nama tersebut sudah dipergunakan untuk hal yang lain. Lalu ada nama Constante, merujuk pada nama pendiri observatorium tempat Clyde bekerja, Constante Lowell. Namun pemberian nama Lowell juga ditolak secara perlahan-lahan.

Diselimuti misteri
Hingga kini bisa dibilang, Pluto adalah salah satu planet yang paling jarang diteliti manusia. Berbagai alasan menyebabkan berbagai proyek untuk meneliti planet tersebut terhenti.
Salah satu penelitian yang cukup serius akhirnya digelar juga untuk melihat planet ini. Yaitu penelitian pihak AS melalui NASA, yang mengirimkan satu set pesawat tanpa awak untuk mendata daerah permukaan planet, karakteristik geografi dan geomorfologi secara global dan mencari data struktur atmosfer yang melingkupi planet tersebut.
Ekspedisi yang dinamakan Pluto Express itu sudah mulai meluncur ke angkasa tahun 2001 lalu dan direncanakan tiba di Pluto paling lama 2008 nanti. Selain meneliti Pluto, pesawat ini juga akan melintasi 15.000 kilometer jarak antara Pluto dan Charon. Salah satu studi yang dilakukan juga mencakup masalah atmosfer yang ada di lapisan satelit planet Pluto tersebut.
Hingga kini dipercaya Pluto memiliki sifat atmosfer yang paling asli semenjak planet ini memisahkan diri dari matahari. Lapisan atmosfer ini juga dikenal sebagai lapisan paling dingin yang pernah dimasuki sebuah pesawat misi angkasa luar dari bumi. Sehingga direncanakan pesawat tersebut akan dilapisi bahan yang mampu paling tidak menahan suhu hangat di pesawat hingga mampu menembusnya dan masuk ke dalam permukaan Pluto.

12/03/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | 1 Komentar

Neptunus

Neptunus merupakan urutan ke delapan jika ditinjau dari matahari. Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan matahari adalah 4.450 juta km. Neptunus memiliki diameter mencapai 49.530 km dan memiliki Massa 17,2 massa bumi. Periode rotasssi planet ini adaah 16,1 jam., sedangkan periode revolusi adalah 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit.

12/03/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Uranus

Uranus adalah planat terdekat ke 7 dari matahari setelah saturnus dengan matahari setelah saturnus. Uranus memiliki jarak dengan matahari adalah 2875 juta km. Uranus memiliki mencapai 51.118 km dan memiliki massa 14,54 massa baumi. Periode rotasi planet ini adalah 17,25 jam, sedangkan periode evolusi adalah 84 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan berwarna hijau dan biru. Uranus memiliki satelit 15 buah.

12/03/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Saturnus

Saturnus, planet keenam dalam tata surya kita, terkenal sebagai planet bercincin. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari. Karena itulah, Saturnus tampak tidak terlalu cerah dari Bumi. Saturnus berevolusi dalam waktu 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus, dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus. Selain berrevolusi, Saturnus juga berrotasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 14 menit.
Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat. Atmosfer Saturnus tersusun atas gas amoniak dan metana. Hal ini tentu tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.
Cincin Saturnus sangat unik. Ada beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Bahan pembentuk cincin ini masih belum diketahui. Para ilmuwan berpendapat, cincin itu tidak mungkin terbuat dari lempengan padat karena akan hancur oleh gaya sentrifugal. Namun, tidak mungkin juga terbuat dari zat cair karena gaya sentrifugal akan mengakibatkan timbulnya gelombang. Jadi, sejauh ini, diperkirakan yang paling mungkin membentuk cincin-cincin itu adalah bongkahan-bongkahan es meteorit.
Saturnus memiliki 18 buah satelit. Satelit yang terbesar bernama Titan. Ukuran satelit ini lebih besar dari planet Merkurius. Satelit-satelit lainnya bernama Mimas, Enceladus, Tetis, Dione, Rhea, Hyperion, Pan, Atlas, Promentheus, Pandora, Ephiteus, Janus, Telesto, Calypso, Helena, Phoebe, dan Inpetus.

12/03/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Jupiter

JUPITER adalah planet terdekat ke lima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Jarak rata-rata antara Jupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun. Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa. Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH4), dan amonia (NH3). Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140oC sampai dengan 21oC. Seperti planet lain, jupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Jupiter memiliki 6 satelit.

12/03/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Mars

Mars adalah planet ke-4 terdekat ke Matahari. Lingkungan Mars ternyata lebih bersahabat bagi kehidupan, dibandingkan keadaan Planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Temperatur yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernafasan jika ingin tinggal disana. Misi-misi ke planet merah ini, sampai penghujung abad ke-20, belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana.
Planet ini memiliki 2 buah bulan, yaitu Phobos and Deimos. Planet ini mengorbit selama 686 hari dalam mengelilingi matahari.
Dalam mitologi yunani mars identik dengan dewa perang, yaitu aries putra dari Zeus dan Hera.

12/03/2011 Posted by | ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.